Take yourself lightly

Mungkin saya orang yang paling tidak konsekuen karena sering mengatakan hal itu, dan sering pula melanggarnya: terkadang masih terlalu kenceng dan serius dalam bereaksi. Contohnya soal perpanjangan KTP tempo hari. Karena berada di Bali sementara KTP Jogja, jadilah saya merepotkan banyak orang dan kelabakan sendiri karenanya. Saya kenceng, mereka tak kalah kenceng. Jadinya? Bubar. KTP tak terurus hingga sekarang. Belum.

Selang berhari-hari, KTP tetap belum diurus, tapi saya ingat kembali untuk menyikapi hidup dengan santai dan gembira. Toh sudah banyak hal yang ada dalam genggaman saya, kenapa tidak bersantai sejenak? Hari ini saya menikmati hari saya bersama para bapak-bapak ganteng di department Engineering. Kami main game bahasa bersama dengan menggunakan papan permainanan, koin dua ratus perak, dan token-token kecil berwarna. Ketawa ngakak, saling meledek… Seru.Β Sesekali terdengar pesan-pesan tugas dari HT mereka. Tolong, panggilΒ Terminix, di kolam banyak kodoknya. Hampir 2 jam berlalu tanpa terasa. Siapa bilang saya sedang kerja? Saya sedang bersenang-senang dan tetapΒ berguna. πŸ™‚

Di seberang, seorang kolega saya yang berposisi jauh lebih tinggi menenteng laptopnya menuju board room. Seorang kolega lain yang kebetulan lewat menyapanya, “Eh, tumben ada di sini. Lagi ngapain, Mbak?” Mungkin sekedar pertanyaan iseng daripada tidak ada sama sekali. Sayang keisengan ini tidak berbalas, karena jawaban yang diterima adalah, “Ya kerja dong!” OK deh.

Mungkin ada orang yang cukup kokoh dan berenergi dengan bersikap serius setiap saat. Saya pernah seperti itu. Rasanya tidak enak. Mengapa keukeuh pada satu hal, padahal dunia ini menawarkan banyak dimensi warna? Kalau kamu sudah tahu caranya untuk membawakan diri dalam situasi formal, kenapa tidak mencoba untuk gila-gilaan seperti nyemplung di sungai? Mengapa tidak tertawa saja bersama kodok-kodok di kolam itu, yang tidak tahu bahwa sebentar lagi akan dibasmi oleh ‘pembunuh bayaran’ Terminix?

“Take yourself lightly. Be an angel.”

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s