Blok Penyeleweng

Saya tidak mengerti kenapa kita harus setia kepada satu (orang atau kelompok) teman, kalau kita bisa berteman dengan semuanya tanpa ada yang dirugikan. Beberapa kali saya bermasalah dengan “kesetiaan” macam ini, karena saya tidak suka nge-blok. Nge-blok berlawanan dengan paham saya bahwa manusia adalah one shade of a wide spectrum of greys. Jadi saya heran kenapa Sobat A harus cemburu kalau saya berakrab-akrab dengan Sobat B – hanya karena mereka saling tidak cocok.

Di lain pihak, saya tidak bisa mengingkari bahwa saya pernah merasa cemburu dan dikhianati oleh seorang sahabat yang “nyeleweng” berteman dengan seseorang yang membenci saya. Dia berusaha mendapatkan persahabatan denga berbagai cara: nraktir ke restoran dan kafe, membelikan jaket mahal, mengundang semua (kecuali saya) ke acaranya, dan masih banyak lagi. Saat itu saya merasa bahwa itu cara culas orang itu untuk menyakiti saya. Dan benar saja, waktu itu saya kalah: saya kehilangan sahabat saya itu. Sakit sekali rasanya.

Kejadian itu tidak membuat saya menghapus falsafah saya. Saya tetaplah “penyeleweng” dalam hal berteman dan bersosialisasi. Saya tidak berpolitik culas dan curang untuk mendapatkan apa yang saya mau. Yang penting saya tidak akan merugikan orang lain dan diri sendiri, dan saya tidak melakukannya dalam rangka balas dendam atau manipulasi lain.  Also in my defense, saya punya sifat “ngemong” pada teman-teman saya ini – apapun kepentingan mereka, sifat mereka, dan kesukaan mereka – karena saya percaya ada hal-hal yang bisa dipelihara dari setiap orang.

Saya tahu sikap ini pun beresiko, dan benar, saya memang harus berhati-hati (semoga saya bisa menjaga diri). Tapi, saya yakin, kita ingin tetap bisa saling cerita dan tertawa lepas tanpa “berpolitik.” Thanks for being my friend. And, please, deal with my “promiscuity”. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s