KB: Satu anak cukup!

Entah kenapa program KB “2 anak cukup” seakan lenyap dari sejarah bangsa kita. Mungkin karena dekat asosiasinya dengan Orde Baru. Banyak hal boleh saja diganyang dari rezim lama, tapi kenapa yang juga “the most thoughtful and brilliant program” semacam KB ikut dibasmi? Terus terang aku nggak bisa ngerti.

Aku hidup di kota yang tak lagi nyaman untuk ditinggali. Kota yang hanya menyisakan nostalgi lapuk. Setiap sudutnya dipenuhi manusia yang bergerak bedesakan, sementara  yang lain jalan di tempat terhimpit ketidakmampuan ekonomi. Degradasi di segala bidang. Satu pekerjaan nggak lagi cukup. Semua kepala dalam satu rumah harus bergerak keluar demi sekepal nasi. Itupun beriring dengan segala macam kotradiksi yang nggak masuk akal. Buang sampah sembarangan, ganti motor setiap tahun, ganti HP setiap enam bulan, nongkrong di mall setiap sore, mal-mal dan pusat-pusat rekreasi yang kian menjadi simbol bangsa yang tercerabut dari akarnya di tanah sendiri.

Pulau Jawa kita sudah kepayahan dihuni terlalu banyak manusia. Manusianya sudah kepayahan diserbu kebutuhan, dijajah kapitalisme yang hadir di pipa-pipa kapiler kehidupan. Oksigen itu barang mahal. Tanah ini tak hendak kita pijaki lagi. An Unconvenient Truth. Sekalipun menuai banyak suara miring dan skeptisisme (nggak terkecuali my own), film Al Gore itu haru ditonton setiap orang di tanah Jawa. For your kids’ sake, nggak pernah ada yang salah dengan menyayangi kehidupan.

Tanyalah lagi kenapa kamu menginginkan menambah anak ketika semakin banyak anak-anak di luar sana yang nggak dimanusiakan? Tanyalah lagi makna “meneruskan keturunan” dan “darah daging sendiri.” Tanyalah lagi pada raga dan mentalmu, benarkah mereka kuat diburuhkan oleh hidup?

My decision of not having another kid has cost me my marriage. Tapi aku nggak bisa mengingkari apa yang kupercaya sebagai kebenaran. Sekali lagi, nggak pernah ada yang salah dengan menyayangi kehidupan.

I’m being serious. I’m no fun.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s