The world according to…

Fenomena menarik terjadi di panggung Academy Awards tahun ini. Bila tahun lalu Inarritu dan Cuaron semakin lantang menorehkan prestasi, tahun ini dunia keaktoran dikuasai para aktor non-Amerika. Tengok saja para peraih piala Oscar-nya: Marion Cotillard (Perancis), Daniel Day-Lewis (Inggris), Tilda Swinton (Inggris), dan Javier Bardem (Spanyol). Ini sejalan dengan jenis film-film yang diunggulkan, yang jelas-jelas bukan tipikal film mainstream box office dan bakalan diputar di bioskop 21.

Teori bodoh saya: segala sesuatu yang formulaik sudah habis masanya. Dan dunia hiburan Amerika Serikat selalu dekat dengan sistem formula. Waktu saya sekolah di Jurusan Teater dan Film di Kansas, AS, saya bisa simpulkan bahwa rekan-rekan satu departemen saya masuk program teater karena kepingin jadi bintang film atau sangat Broadway-oriented. Pendeknya: masuk dunia industri yang tentunya berorientasi pasar itu. Hasilnya agak gampang ditebak: panggung audisi di kampus dipenuhi para aktor amatir dengan akting standar, yang sebagus-bagusnya, terkesan baku dan monoton.


Sewaktu memilih aktor untuk peran Dicky di film The Talented Mr. Ripley, Anthony Minghella mengatakan bahwa ia tidak menemukan satu aktor Amerika-pun yang punya daya tarik fisik sekaligus kharisma “from out there” yang dibutuhkan untuk tokoh Dicky, seorang pemuda Amerika. “Mereka terlalu populis,” ujar Minghella. Maka dipilihnya Jude Law, seorang aktor Inggris. Saya sepakat (hihihi… emang saya siapa ya?) Karena menurut saya, secara umum aktor Amerika itu terlalu jaim, atau kalau tidak jaim, ya terlalu sibuk dengan ke-celeb-annya. Nah, kalau sudah begitu, aktingnya mentok begitu-begitu saja. Kalau ada olimpiade akting internasional, mereka pasti ngos-ngosan bila dilawankan aktor-aktor sekelas David Thewlis, Brenda Blethyn, Timothy Spall, atau bahkan si seksi Gael Garcia-Bernal.


Tapi Amerika masih punya aktor-aktor dengan akting “nggilani” kok. Ini komplimen buat nama-nama semisal seperti Philip Seymour Hoffman, Frances McDormand dan Meryl Streep. Salut!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s